Sunday, October 22, 2017

PROSES TERBENTUKNYA BENUA DAN SAMUDERA

 BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Kita manusia hidup di permukaan bumi. Sebagian dari penduduk bumi hidup di atas sebidang tanah daratan luas yang disebut benua. Adapula orang yang hidup di atas sebidang daratan lebih kecil yang disebut pulau. Benua dan pulau tempat kita hidup dikelilingi oleh air, yaitu laut dan samudra. Hampir tiga perempat bagian kerak bumi tertutup oleh air. Itulah bumi yang kita huni yang merupakan sebuah bola batuan serta logam panas yang besar dan berputar-putar, sedangkan bagian luar bola itu dilapisi dengan selubung tipis yang terdiri dari tanah, air, batuan, serta udara.
Bumi adalah salah satu planet dalam tata surya. Usia bumi diperkirakan telah mencapai 4,6 milyar tahun. Bumi mempunyai lapisan udara (atmosfer) dan medan magnet yang disebut magnetosfer yang melindungi permukaan bumi dari angin, matahari, sinar ultraviolet, dan radiasi dari luar angkasa.
Dari antariksa, bumi terlihat seperti bola yang indah dan cerah keadaannya. Sekitar 71% persen permukaan bumi tertutup air dan 29%-nya berupa daratan. Permukaan bumi terbagi atas belahan bumi utara dan belahan bumi selatan. Batas kedua belahan ini adalah garis khatulistiwa atau ekuator. Mulai dari khatulistiwa ke arah Kutub Utara disebut belahan bumi utara, sedangkan dari khatulistiwa ke arah Kutub Selatan disbeut belahan bumi selatan. Panjang diameter bumi pada khatulistiwa adalah 12.756.776 m, sedangkan jika diukur melewati kutub, panjangnya hanya 12.713.824 m. Luas permukaan bumi seluruhnya 510.101.000 km2.
Perbedaan suhu di bumi antara -7oC sampai 55°C, massa bumi kira-kira 59760 milyar ton dengan luas permukaan 510 juta km persegi. Udara di bumi terdiri atas 78% gas nitrogen, 21% oksigen, 1% uap air, CO2, dan gas-gas lain.

1.2 Rumusan Masalah
  1. Apa itu benua dan samudera
  2. Bagaimana proses pembentukkan benua dan samudera
  3. Dampak pembentukkan benua dan samudera
1.3 Tujuan Penulisan
  1. Mengetahui apa itu benua dan samudera
  2. Mengetahui proses pembentukkan benua dan samudera
  3. Mengetahui dampak pembentukkan benua dan samudera

lebih lengkapnya, cek DISINI

0 komentar:

Post a Comment

No SARA ya Guys...