Monday, October 23, 2017

MAKALAH: KARANGAN DALAM BAHASA INDONESIA

 BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Bahasa adalah alat untuk berkomunikasi yang digunakan manusia dengan sesama anggota masyarakat lain pemakai bahasa itu. Bahasa itu berisi pikiran, keinginan, atau perasaan yang ada pada diri si pembicara atau penulis. Bahasa yang digunakan itu hendaklah dapat mendukung maksud secara jelas agar apa yang dipikirkan, diinginkan, atau dirasakan itu dapat diterima oleh pendengar atau pembaca. Kalimat yang dapat mencapai sasarannya secara baik disebut dengan kalimat efektif.
Menulis dan berpikir merupakan dua kegiatan yang dilakukan secara bersama dan berulang-ulang. Dengan kata lain, tulisan adalah wadah yang sekaligus merupakan hasil pemikiran. Melalui kegiatan menulis, penulis dapat mengkomunikasikan pikirannya. Melalui kegiatan berpikir, penulis dapat meningkatkan kemampuannya dalam menulis. Untuk menghasilkan tulisan yang baik, setiap penulis hendaknya memiliki tiga keterampilan dasar dalam menulis, yaitu keterampilan berbahasa, keterampilan penyajian, dan keterampilan pewajahan. Ketiga keterampilan ini harus saling menunjang atau isi-mengisi.
Mengarang tidak hanya dan tidak harus tertulis. Seperti halnya berkomunikasi, kegiatan mengarang yang juga menggunakan bahasa  sebagai mediumnya dapat berlansung secara lisan. Seseorang yang berbicara misalnya, dalam sebuah diskusi atau berpidato secara serta merta otaknya terlebih dahulu harus mengarang sebelum mulutnya berbicara.
Jadi, karangan bisa dibuat dalam bentuk tulisan maupun secara lisan. Jadi hal penting yang perlu dikuasai adalah keterampilan berbahasa, keterampilan penyajian, dan keterampilan perwajahan baik itu secara tertulis maupun secara lisan.

1.2 Rumusan Masalah
a. Apa itu karangan?
b. Apa saja syarat-syarat membuat karangan?
c. Apa dan bagaimana itu kerangka karangan?
d. Apa saja jenis-jenis karangan?
e. Apa tujuan penulisan karangan?

1.3 Tujuan Penulisan
a. Menjelaskan tentang apa itu karangan.
b. Mendeskripsikan syarat-syarat menulis karangan.
c. Menjelaskan dan menjabarkan apa dan bagaimana menulis kerangka karangan.
d. Menjabarkan jenis-jenis karangan.
e. Menjabarkan tujuan penulisan karangan.

Selengkapnya, klik DISINI



1 comment:

  1. TIPIS KALI PERTEMANAN MU YA
    NGASIH TAU SETENGAH SETENGAH !!!!!!!!!!!

    ReplyDelete

No SARA ya Guys...