Friday, October 20, 2017

KODE ETIK PROFESI KEGURUAN

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Makalah ini membahas mengenai kode etik dan profesi guru secara umum. Beberapa paparan dalam makalah ini membahas tentang etika kerja dan etos kerja guru serta kode etik guru yang meliputi: kode etik dan etika profesi keguruan, pengertian kode etik guru, unsur-unsur kandungan kode etik guru, rumusan kode etik guru, alasan pentingnya kode etik bagi guru, tujuan perumusan kode etik guru, manfaat kode etik bagi guru, dan upaya mewujudkan kode etik guru.
Semua kemampuan di atas sangat penting bagi semua peserta sertifikasi guru agar menjadi guru yang profesional. Pendidikan dapat dipandang sebagai suatu proses pemberdayaan dan pembudayaan individu agar mampu memenuhi kebutuhan perkembangan dan memenuhi tuntutan sosial, kultural, serta religius dalam lingkungan kehidupannya.
Pengertian pendidikan seperti ini mengimplikasikan bahwa upaya apapun yang dilakukan dalam konteks pendidikan terfokus pada upaya memfasilitasi proses perkembangan individu sesuai dengan nilai agama dan kehidupan yang dianut.
B.     Rumusan Masalah
Makalah ini merumuskan beberapa permasalahan sebagai berikut :
1.      Apa pengertian kode etik guru?
2.      Bagaimana rumusan kode etik guru?
3.      Apa alasan pentingnya kode etik guru?
4.      Apa tujuan perumusan kode etik guru?
5.      Apa alasan pentingnya kode etik bagi guru?

Selengkapnya, klik DISINI

0 komentar:

Post a Comment

No SARA ya Guys...