BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Belajar merupakan aktivitas menuju kehidupan yang lebih baik secara sistematis. Definisi lain mengenai belajar dikemukakan oleh Suyono dan Hariyanto (2011:9) yaitu belajar merupakan suatu aktifitas atau proses untuk memperoleh pengetahuan, meningkatkan keterampilan, memperbaiki perilaku, sikap, dan mengokohkan kepribadian. Sedangkan menurut Dimyati dan Mudjiono (2009:7), belajar merupakan tindakan dan perilaku siswa yang kompleks. Dari ketiga pandangan tersebut, dapat disimpulkan bahwa belajar dapat didefinisikan sebagai kegiatan atau aktifitas kompleks manusia untuk memperoleh pengetahuan, meningkatkan keterampilan, memperbaiki sikap dan perilaku serta mengokohkan kepribadian dengan tujuan untuk mengembangkan pribadi seutuhnya. Proses belajar terdiri atas tiga tahapan, yaitu tahap informasi, transformasi dan evaluasi. Yang dimaksud dengan tahap informasi adalah proses penjelasan, penguraian atau pengarahan mengenai struktur pengetahuan, keterampilan dan sikap. Tahap transformasi adalah proses peralihan atau pemindahan struktur tadi ke dalam diri peserta didik. Proses transformasi dilakukan melalui informasi.
Dari pandangan-pandangan tentang belajar tersebut, munculah teori belajar. Teori belajar merupakan upaya untuk mendeskripsikan bagaimana manusia belajar, sehingga membantu kita semua memahami proses inhern yang kompleks dari belajar. Cahyo (2013:20) berpendapat bahwa teori belajar dapat diartikan sebagai konsep-konsep dan prinsip-prinsip belajar yang bersifat teoritis dan telah teruji kebenarannya melalui eksperiment. Ada beberapa perspektif dalam teori belajar, yaitu Behaviorisme, Kognitivisme, dan Konstruktivisme. Oleh karena itu, makalah ini membahas salah satu teori belajar, yaitu teori belajar konstruktivisme dan implementasinya dalam metode belajar Community Language Learning
1.2 Rumusan Masalah
- Apa itu teori belajar konstruktivisme?
- Apa itu metode belajar Community Language Learning?
- Bagaimanakah implementasi teori belajar konstruktivisme dalam metode belajar Community Language Learning?
1.3 Tujuan Penulisan
- Memahami teori belajar konstruktivisme.
- Memahami metode belajar Community Language Learning.
- Memahami teori konstruktivisme dan implementasinya dalam metode belajar Community Language Learning.
Lebih lengkapnya, cek DISINI
0 komentar:
Post a Comment
No SARA ya Guys...