Wednesday, November 1, 2017

Contoh Proposal: Pengaruh Metode Diskusi Terhadap Penguasaan Simple Present Mahasiswa Tingkat I Prodi Bahasa Inggris Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP) Ruteng.

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Belajar merupakan proses perubahan yang terjadi pada diri seseorang melalui penguatan sehingga terjadi perubahan yang bersifat permanen pada dirinya sebagai hasil pengalaman. Mengajar adalah hal yang kompleks dan karena mahasiswa itu bervariasi, maka tidak ada cara tunggal unuk mengajar yang efektif untuk semua hal. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. 
Banyak upaya yang harus dilakukan baik terhadap Tenaga Pendidikan ataupun kependidikan, maupun sarana dan prasarana. Salah satu upaya juga dapat ditempuh melalui mahasiswanya. Upaya meningkatkan prestasi belajar mahasiswa sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, harus ada kerjasama baik oleh dosen kelas maupun dosen bidang studi dalam suatu satuan pendidikan. Dalam proses pendidikan di kampus, kegiatan belajar merupakan kegiatan pokok, yang akan menentukan berhasil dan tidaknya pencapaian tujuan pembelajaran ditentukan oleh bagaimana cara belajar peserta didik baik pada saat ia belajar di kampus maupun pada saat ia belajar di luar jam kampus. Dalam hal ini khususnya materi Bahasa Inggris  yang disampaikan dosen di kampus. Dengan kedisiplinan belajar diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan aktifitas belajarnya, sehingga terjadi pengulangan dan penguatan terhadap materi yang diberikan di kampus dengan harapan mahasiswa mampu meningkatkan hasil belajar atau prestasinya. 
Pada proses pembelajaran Bahasa Inggris  dengan menggunakan metode ceramah mahasiswa cenderung pasif karena hanya mendengarkan, mengantuk, tidak ada kesempatan bertanya dan mahasiswa tidak ada keinginan mengajukan pertanyaan, kurang ada semangat untuk ingin tahu. Kondisi ini menyebabkan, materi yang diberikan oleh dosen, tidak dapat mencapai prestasi yang baik. Banyak faktor yang mempengaruhi prestasi mahasiswa yaitu faktor internal dan ekternal. Salah satu diantaranya adalah metode diskusi. Oleh karena itu dalam penelitian ini digunakan metode diskusi untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Inggris, karena metode diskusi diharapkan mahasiswa dapat aktif yang ditunjukkan oleh mahasiswa banyak bertanya, saling bertukar pendapat antar teman, ada motivasi belajar yang lebih, ada unsur kerjasama. 
Forum diskusi dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa di dalam kelas, dapat pula dibentuk kelompok-kelompok kecil. Yang perlu diperhatikan adalan hendaknya para mahasiswa berpartisipasi secara aktif dalam setiap forum diskusi. Semakin banyak mahasiswa terlibat dan menyumbangkan pikirannnya, semakin banyak pula yang dapat mereka pelajari. 
Dalam pembelajaran Bahasa Inggris, khususnya materi simple present, mahasiswa diharapkan mampu berbahasa inggris dengan baik dan benar sesuai dengan ketentuan dan syarat-syarat simple present yang benar. Simple present merupakan tense yang paling sering digunakan dalam berbahasa inggris sehari-hari, karena itu merupakan tense yang menitik beratkan pada kebiasaan yang terjadi atau dilakukan dalam hidup harian kita. Melalui metode diskusi yang rutin menggunakan simple present, diharapkan mahasiswa mampu berbahasa inggris dengan baik dan benar. Belajar Bahasa Inggris tidak akan pernah bisa dikuasai jika mahasiswa hanya pasif di dalam kelas, tanpa pernah berlatih berbicara berbahasa inggris. Mahasiswa harus berbicara, dan metode yang paling efektif adalah melalui metode diskusi.
Berdasarkan identifikasi permasalahan di atas maka dalam penelitian ini akan dikaji tentang pengaruh metode diskusi terhadap penguasaan simple present mahasiswa tingkat I prodi Bahasa Inggris Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP) Ruteng.

1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan analisis di atas, maka dapat dirumuskan masalah yang berfokus pada perbaikan adalah sebagai berikut :
  1. Bagaimana penerapan metode diskusi kelompok terhadap penguasaan simple present untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa tingkat I prodi Bahasa Inggris STKIP Ruteng
  2. Bagaimanakah penerapan metode diskusi kelompok terhadap penguasaan simple present untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa tingkat I prodi Bahasa Inggris STKIP Ruteng

1.3 Tujuan Penelitian
Dalam rangka meningkatkan prestasi belajar mahasiswa yang ditandai dengan meningkatnya perolehan nilai setiap mahasiswa, penulis melakukan kegiatan penelitian tindakan kelas dengan tujuan yaitu :
  1. Mendeskripsikan penerapan metode diskusi kelompok terhadap penguasaan simple present
  2. Mendeskripsikan/menganalisis pengaruh penerapan metode diskusi kelompok dalam pembelajaran simple present.

1.4 Manfaat Penelitian
Kegiatan penelitian ini sangat bermanfaat bagi dosen yang bersangkutan  untuk memperbaiki pelaksanaan pembelajaran sehingga mampu meningkatkan prestasi belajar siswa.   Disamping itu juga untuk memenuhi salah satu tugas pada mata kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP).
Manfaat penelitian ini juga dapat diambil oleh semua dosen untuk meningkatkan keprofesionalismean dosen dalam melaksanakan pembelajaran di kampus.

1.5 Batasan Masalah
Pembatasan masalah diperlukan untuk membatasi masalah penelitian agar dalam pembahasan tidak bercabang ke mana-mana. Masalah dalam penelitian ini terbatas pada pengaruh metode diskusi terhadap penguasaan simple present.

Selengkapnya, klik DISINI

0 komentar:

Post a Comment

No SARA ya Guys...