Tuesday, October 24, 2017

TUGAS KULIAH: SEJARAH FILSAFAT BAHASA


Pertanyaan:

Jelaskan hubungan zaman pra-Socrates, kaum Sofis dan Socrates, dan Heraklitos.
Pada masa Pra-Socrates muncul pendapat yang memperdebatkan bahasa itu bersifat konvensional (nomos) atau alamiah (fisei). Fisei menyatakan bahwa bahasa bersifat alamiah yang artinya mempunyai asal usul atau tidak dapat ditolak keberadaannya untuk mencapai makna secara alamiah. Sedangkan nomos menyatakan bahwa bahasa bersifat konfeksi yang artinya makna bahasa diperoleh melalui tradisi – tradisi yang dapat berubah sesuai perkembangan zaman.
Di sisi lain, Kaum sofis mengartikan hakikat bahasa dengan menghubungkan filsafat manusia. Karena manusia adalah sumber dari segala – galanya. Mereka menemukan pendekatan baru untuk mencari hakikat bahasa terutama bahasa manusia. 
Pada zaman Heraklitos, bahasa adalah suatu simbol yang memiliki ciri – ciri fisis yang dapat mengangkat pengetahuan manusia. Mereka menggunakan keterampilan berbicara untuk mendapatkan informasi itu. Dalam hal ini bahasa sangat berperan. Dengan bahasa pula kita bisa berfilsafat.
Dari ketiga zaman di atas, dapat disimpulkan bahwa bahasa itu berkembang sesuai dengan pemikiran-pemikiran yang ada pada zaman itu. Pada zaman pra-Socrates, bahasa dianggap sebagai sesuatu yang alamiah dan diperoleh melalui tradisi. Pemikiran itu berkembang menjadi sebuah pemikiran bahwa bahasa itu berasal dari manusia itu sendiri. Pada zaman Heraklitos, Bahasa justru menjadi sangat berperan dalam filsafat dan pengetahuan.

Jelaskan gramatika dan analisis bahasa yang mempengaruhi perkembangan filsafat.
Gramatika adalah salah satu sistem bahasa yang berkaitan dengan struktur bahasa, sedangkan analisis adalah proses pemikiran untuk mencapai sebuah makna. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa, untuk mencapai sebuah makna dalam proses berpikir, diperlukan struktur bahasa yang yang logis dan sistematik.

Apa itu neo-hegelianisme, dan apa hubungannya dengan reaksi materialisme dan positivisme.
Aliran neo-hegelianisme mengedepankan pendekatan-pendekatan metafisis agama untuk mengurai sebuah realita. Sehingga mereka sering menggunakan ungkapan-ungkapan yang bersifat universal untuk mengungkapkan sesuatu. Di sisi lain terdapat aliran materialisme dimana aliran materialisme ini diartikan sebagai suatu aliran filsafat yang meyakini bahwa tidak ada sesuatupun selain materi atau dengan kata lain, sesuatu yang bersifat non-materi itu tidak ada. Menurut mereka, pemikiran itu memang ada, tetapi hal itu sangat bergantung pada perubahan-perubahan material. Selain itu, terdapat juga aliran posotovosme yang menganggap bahwa ilmu alam adalah satu-satunya sumber pengetahuan dan menolak semua hal yang berkaitan dengan metafisis. Pada zaman neo-hegelianisme ini terjadi pertentangan antara paham neo-hegelianime dengan paham materialisme dan positivisme.

Jelaskan apa itu bahasa logika, teori isomorfi, dan preposisi atomik.
  1. Bahasa logika adalah bahasa yang logis dan sistematik yang bisa diterima oleh akal sehat, dan memiliki makna.
  2. Teori isomorfi adalah teori penyepadanan bahasa atau penyatuan bahasa.
  3. Preposisi atomik adalah sebuah pernyataan yang tidak dapat dipecahkan atau dibagi lagi.
Jelaskan arti bahasa yang diwariskan secara turun temurun.
Bahasa diciptakan oleh manusia untuk berkomunikasi. Untuk saling mengerti dalam berkomunikasi, sebuah bahasa harus diketahui oleh sekelompok orang. Oleh karena itu, bahasa diajarkan kepada manusia lain dari generasi ke generasi agar didapat kesepahaman maksud dalam kelompok atau bangsa tersebut.


0 komentar:

Post a Comment

No SARA ya Guys...