Saturday, October 28, 2017

RESENSI BUKU: STRES, SATU FAKTOR TAMBAHAN PENYEBAB STRES

STRES, SATU FAKTOR TAMBAHAN PENYEBAB STRES

Data Buku
Judul Buku : Stres dan Stroke
Pengarang : dr. LA Hartono
Penerbit : Kanisius Yogyakarta
Tahun Terbit : 2007, Cetakan ke 5 (2011)
Tebal Buku : 59 Halaman
Harga Buku : Rp. 12.000,-

PENDAHULUAN
“Manusia hidup di dunia ini ibarat sebuah kapal yang berlayar di lautan. Setiap saat ada kemungkinan diterjang ombak dan dihantam badai. Jika kapal tidak kuat dan nakhkoda tidak terampil, maka kapal dapat tenggelam oleh hantaman ombak dan badai itu. Demikian pula manusia, setiap hari akan menemui berbagai persoalan, berbagai kesulitan dan tantangan, yang semuanya itu bisa disebut problem kehidupan. Apabila manusia tidak kuat menerima berbagai kesulitan dan tantangan hidup itu, maka stres akan datang. Lalu, apakah stres sebenarnya stres itu? Bagaimanakah pengaruhnya terhadap kesehatan?bagaimana terapi dan pencegahannya? Semuanya akan anda dapatkan di buku ini. Mari, bersama kita cegah stres!”
Penulis berprofesi sebagai dokter, yang adalah alumnus fakultas kedokteran, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta. Saat ini penulis bekerja di poliklinik swasta yang berada di Yogyakarta.Tujuan pengarang menulis buku yang sederhana ini, untuk menggambarkan penyebab-penyebab stres dalam kehidupan kita sehari-hari, dan bagaimana cara mengatasinya. Kita akan melihat, bagaimana cara penulis memaparkan idenya dalam 59 halaman buku ini. Halaman yang begitu sedikit untuk sebuah tema yang begitu kompleks. Kesan pertama saya saat melihat buku ini adalah, kenapa buku dengan tema yang kompleks ini cuma berisi 59 halaman? Kita akan coba lebih mendalami isi dari buku Stres dan Stroke ini pada pembahasan berikutnya.
ULAS BUKU

1.  Sinopsis 
Secara singkat, buku Stres dan Stroke ini memaparkan tentang apa itu stres, dimana disana dipaparkan pengertian stres dan faktor-faktor penyebab stres yang paling sering dialami oleh masyarakat. Setelah menjelaskan apa itu stres, penulis memaparkan bahaya stres bagi kesehatan, dimana dipaparkan tentang keluhan-keluhan-keluhan dan gangguan-gangguan yang diakibatkan oleh rasa stres. Setelah itu, penulis memaparkan tentang terapi dan pencegahan stres, dimana itu bisa diatasi atau dicegah dengan pendidikan kepribadian, relaksasi, psikoterapi, dan lingkungan hidup yang damai. Terakhir, penulis menjelaskan tipe-tipe orang yang terkena stres, bagaimana ciri-cirinya, dan kebiasaan-kebiasaan yang biasa dilakukan oleh orang-orang yang terkena stres.

2.  Ulasan Singkat Buku
BAB I: Apa Itu Stres
“Stres adalah reaksi non-spesifik manusia terhadap rangsangan atau tekanan (stimulus stressor)”. 
Pada bab I ini, dijelaskan secara singkat tentang pengertian stres, dimana pengertian itu “mungkin” merupakan pengertian yang dibuat oleh penulis sendiri, karena disana tidak terdapat kutipan dari ahli lain, yang juga meneliti tentang stres. Disini, kita cuma menemukan satu pengertian stres, dimana itu menyulitkan kita membandingkan bagaimana stres menurut ahli lain yang juga meneliti tentang stres, tentunya sebagai referensi luar. 
Pada bab I ini juga, terdapat 3 faktor penyebab stres, dimana menurut saya, ketiga faktor ini hanya merupakan 3 faktor umum, tanpa adanya spesifikasi lebih lanjut. Ini membuat kita sebagai pembaca, hanya bisa berpegang pada 3 faktor penyebab stres ini, tanpa tahu rinciannya seperti apa. 
Pada bab I ini, bisa saya simpulkan bahwa, bab ini memuat sedikit sekali pengetahuan tentang stres, tanpa adanya preferensi luar, yang mungkin bisa menambah wawasan pembaca. Namun, pembahasan yang singkat, padat, dan jelas, mudah dimengerti, dan menarik, membuat kita tidak cepat bosan membacanya.

BAB II: Bahaya Stres Bagi Kesehatan
Bab yang cuma terdiri dari 5 halaman singkat ini, berisi tentang bahaya-bahaya stres bagi kesehatan kita. Disini, penjelasan tiap bahaya stres begitu singkat, namun jelas dan mudah dimengerti, dengan contoh-contoh yang biasa terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Membaca bab II ini, bahkan tidak membutuhkan waktu lebih dari 2 menit. Singkat, padat, jelas, dan tidak membosankan.

BAB III: Terapi dan Pencegahan Stres
Bab ini hanya berisi 1 halaman, dimana hanya memuat 3 poin yang akan dijelaskan secara rinci pada bab IV, bab V, dan bab VI. Menurut saya, bab ini sebenarnya tidak perlu ada. Bab yang mubazir, dan tanpa inti sama sekali.

BAB IV, BAB V, BAB VI, BAB VII, BAB VIII: Poin-poin Terapi Pencegahan Stres
Tiap bab dari ketiga bab ini, menjelaskan tentang terapi-terapi bagaimana mencegah stres. 
Pada bab IV, dijelaskan tentang bagaimana mencegah stres melalui pendidikan kepribadian. Bab ini memuat beberapa poin cara-cara mencegah stres melalui pendidikan kepribadian. Tiap poinnya menjelaskan secara rinci cara-caranya beserta contoh-contoh sederhana yang mudah dipahami, bagaimana mencegah stres melalui kegiatan-kegiatan yang bersifat mendidik. 
Pada bab V, dijelaskan tentang terapi relaksasi untuk mencegah stres, mulai dari relaksasi otot, relaksasi dengan latihan pernapasan, relaksasi dengan hipnosis atau autosugesti, dan relaksasi dengan cara lain atau kegiatan-kegiatan yang membuat kita bisa rileks. Penjelasannya singkat, menarik, tidak bertele-tele dan mudah dipahami.
Pada bab VI, yang hanya berisi 1 setengah halaman ini, menjelaskan tentang terapi relaksasi melalui psikoterapi. Psikoterapi yang dimaksud adalah terapi berbicara. Bab yang begitu singkat dan kurang informasi mengenai psikoterapi. Bab ini hanya menjelaskan bahwa terapi berbicara dianggap cukup efektif.
Pada bab VII, dipaparkan tentang terapi stres menggunakan obat penenang. Disini terdapat beberapa obat yang bisa meredakan stres. Bab ini hanya berisi 1 halaman, dimana juga sedikit menjelaskan bahaya ketergantungan obat.
Pada bab VIII, dijelaskan tentang terapi stres melalui lingkungan hidup yang damai. Menurut saya, pembahasan pada bab ini begitu terperinci, mulai dari lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, sampai lingkungan kerja. Bab yang berisi 10 halaman ini, menjelaskan secara terperinci hubungan antara terapi stres dan lingkungan.

BAB IX: Tipe Pribadi
Bab ini menjelaskan tentang ciri-ciri dan kebiasaan-kebiasaan orang yang terkena stres menurut tipenya. Disini terdapat 2 tipe, yaitu tipe A dan tipe B.
Penjelasan tentang tipe A dan tipe B ini begitu terperinci, dan terdapat juga kutipan-kutipan dari buku lain yang menguatkan statement penulis.

3. Kelemahan dan Kelebihan Buku
a) Kelemahan
Buku ini berjudul Stres dan Stroke, tapi penjelasan tentang stroke sangat tidak memadai.
Penjelasan yang singkat dan kurang terperinci

b) Kelebihan 
Buku yang ringan dan menarik, cocok untuk dibaca saat santai.
Perumusan kalimat yang sederhana, sehingga mudah dimengerti
Banyak terdapat ilustrasi yang menarik, sehingga membuat pembaca tidak bosan.
Buku yang tipis, dengan sampul yang menarik, ukuran huruf besar, sehingga semakin menarik minat orang untuk membacanya.

PENUTUP
Menurut saya buku ini sangat menarik untuk dibaca, ringan, terdapat banyak ilustrasi, sehingga membuat pembaca tidak cepat bosan membacanya. Kata-katanya ringan dan mudah dimengerti, sehingga buku ini sangat disarankan untuk umur remaja keatas, tidak menutup kemungkinan untuk dibaca oleh anak-anak.
Selain tidak membosankan, setidaknya buku ini juga memberi kita pengetahuan akan bahaya stres, dan bagaimana cara mengatasinya. Buku ini sangat disarankan untuk dibaca, sebagai pengetahuan tambahan.

0 komentar:

Post a Comment

No SARA ya Guys...